Penggunaan Tangki Fiberglass Pada IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)

Bagaimanakah penggunaan tangki fiberglass pada instalasi pengolahan air limbah atau IPAL? Ya, mungkin tidak setiap kalangan akan mengetahui bagaimana cara mengolah air limbah sebelum akhirnya layak dibuang kembali ke alam bebas. Dan hal tersebut adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh sektor-sektor industri.

Penggunaan Tangki Fiberglass Pada IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)

Setiap industri pada umumnya dipastikan akan selalu membutuhkan pasokan air bersih. Disamping kebutuhannya tersebut, maka terdapat juga pembuangan air yang berupa limbah dari proses produksi. Dan hingga saat ini, tidak sedikit kalangan industri yang membuang begitu saja air limbah produksi tersebut langsung ke alam bebas.

Tangki Fiberglass untuk Instalasi Pengolahan Air Limbah

Padahal jika diperhatikan, hal tersebut akan membunuh biota air hingga meracuni individu yang menggunakan air di lingkungan pembuangan air limbah produksi tersebut. Itulah sebabnya mengapa setiap industri sebenarnya wajib memiliki sistem instalasi khusus untuk pengolahan limbah produksi mereka.

Melalui kondisi air limbah produksi yang mungkin berskala atau berjumlah besar tersebut, maka sudah tentu setiap industri pun akan membutuhkan tangki atau penampungan yang efektif. Karena untuk mengolah limbah-limbah tersebut maka akan dibutuhkan tangki berukuran besar untuk menampung limbah yang sebelum akhirnya diolah.

Baca Juga :   Jual Tangki Air Kotak Fiberglass Rooftank FRP

Tangki tersebut akan di butuhkan untuk menampung air sebelum digunakan atau diolah, proses pengolahan air limbah, hingga air bersih hasil olahan. Dan jenis tangki yang paling efektif untuk kebutuhan pengolahan dan instalasi air tersebut ialah jenis tangki fiberglass. Pasalnya jenis tangki ini berbeda dengan jenis tangki lain pada umumnya.

Tangki fiberglass atau yang dikenal juga dengan nama tangki panel ini memiliki desain yang sangat fleksibel dan mampu mengikuti kebutuhan dari setiap penggunanya. Tidak terkecuai untuk beragam sektor industri. Pasalnya jenis tangki fiberglass atau tangki panel ini dapat dipasang mulai dari satu m3 hingga puluhan bahkan ratusan m3.

Maka dari itulah mengapa jenis tangki fiberglass atau tangki panel ini dikatakan sangat cocok untuk instalasi pengolahan air limbah di berbagai sektor industri. Lantas, bagaimana penggunaan tangki fiberglass pada IPAL atau Installasi Pengolahan Air Limbah tersebut? Berikut ini adalah penjelasannya.

Tahap Pengolahan Air Limbah Menggunakan Tangki Fiberglass

Pada dasarnya, sistematika instalasi pengolahan air limbah atau IPAL ini memiliki lima tahap yang berbeda. Air limbah atau air yang sudah tercemar karena proses produksi pada sebuah industri akan keluar melalui saluran polusi air. Lalu akan diarahkan ke tempat instalasi yang kemudian diolah dalam lima tahap yakni :

  1. Tahap pertama, air limbah akan ditampung pada tangki fiberglass yang di dalamnya sudah terdapat pasir. Pasir tersebut berfungsi untuk mengendapkan limbah air yang masuk ke dalam tangki tersebut. Jenis tangki fiberglass sendiri dipilih karena jenis tangki ini tidak akan bereaksi pada berbagai macam zat kimia.
  2. Tahap kedua, setelah air limbah tersebut dibiarkan selama beberapa waktu di dalam tangki fiberglass, maka selanjutkan akan di alirkan kembali pada tangki fiberglass lain yang di dalamnya sudah terdapat kerikil. Tahap kedua ini juga membutuhka jenis tangki fiberglass karena jenis tangki ini tidak akan menyerap bahan kimia yang mampu merusak air.
  3. Tahap ketiga, setelah dialirkan ke dalam tangki fiberglass berisi kerikil, proses pengolahan selanjutnya yakni mengalirkan air pada tangki fiberglass yang di dalamnya sudah terdapat tanaman eceng gondok. Tujuannya yakni agar zat kimia berbahaya yang terdapat di dalam air limbah akan diserap oleh tanaman eceng gondok.
  4. Tahap ke empat, setelah disaring oleh eceng gondok, maka air limbah pun akan dialirkan kembali pada tangki fiberglass lainnya yang juga akan melalui proses penyaringan kembali.
  5. Tahap terakhir, air limbah tersebut akan dialirkan kembali pada sebuah tangki fiberglass yang berisi ikan dan akan diamati perubahannya. Jika ikan-ikan yang terdapat di tangki tidak mengalami perubahan, maka tandanya proses pengolahan air limbah sukses dan air dapat digunakan kembali atau dibuang.
Baca Juga :   Tangki Panel FRP Kuat Anti Korosi

Itulah salah satu keunggulan dari tangki fiberglass atau tangki panel, sifatnya netral dan tidak akan terpengaruh atau mempengaruhi apa yang ada di dalamnya. Sehingga, jenis tangki panel ini tidak hanya dapat digunakan untuk sektor industri saja. Melainkan juga dapat digunakan untuk kebutuhan rumahan. Untuk Anda yang tertarik, temukan informasi lengkapnya Disini.

Demikian di atas tadi adalah ulasan mengenai penggunaan tangki fiberglass pada IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah. Semoga informasi terbaru seputar tangki panel di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

order tangki panel via WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.